19 January, 2021
No Telepon : 0431-112233

Tugas, Tanggung Jawab & Wewenang


 

Tugas Pengawasan SPI berdasarkan pemaparan Irjen Kemenristekdikti terbagi atas:

  • Pengawasan Mandatory
    • Reviu RAK-KL Pagu indikatif
    • Reviu RAK-KL Pagu Definitif
    • Reviu Laporan Keuangan Semester 1
    • Reviu Laporan Keuangan Semester 2
    • Reviu Serapan Anggaran Triwulan 1
    • Reviu Serapan Anggaran Triwulan 2
    • Reviu Serapan Anggaran Triwulan 3
    • Reviu Serapan Anggaran Triwulan 4
    • Evaluasi Belanja Terhutang
    • Evaluasi Penilaian PMP RB
  • Pengawasan Prioritas Nasional
    • Evaluasi Program Beasiswa
    • Evaluasi PNBP
    • Audit Workshop dan Pengembangan Pengelolaan Iptek
    • Evaluasi SNMPTN dan SBMPTN
  • Pengawasan Perintah Menteri
    • Audit Aset
    • ATT Data Mahasiswa, Dosen dan Guru Besar
    • Pemantauan Kehadiran Awal Tahun dan Setelah Hari Raya serta Hari Besar Nasional.
    • Evaluasi PiNTU (Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu)
  • Pengawasan Inisiatif Pimpinan
    • Pengaduan masyarakat kepada rektor
    • Permintaan rektor lainnya
    • Pengawasan & Pemeriksaan di Unit-Unit Kerja
    • Pengawasan & Pemeriksaan SPM
  • Pengawasan Insiatif Sendiri
    • Melaksanakan audit, analisa, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian terhadap manajemen Unima menurut peraturan perundangan yang berlaku.
    • Melakukan audit, analisa, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian atas keuangan, sumber daya manusia, pengembangan, sarana-prasarana dan       asetfisikdannonfisik, pengadaan/perbelanjaan barang dan jasa, operasional, teknologi informasi dan komunikasi dan obyek lain atas pengarahan Rektor.
    • Melakukan audit, analisa, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian terhadap kesesuaian dan ketaatan Unima terhadap peraturan
    • Melakukan audit, analisa, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian terhadap efisiensi dan efektifitas sistem, prosedur dan rencana dan implementasi kegiatan-kegiatan.
    • Melakukan audit, analisa, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian atas laporan berkala unit-unit kerja dan sistem internal Unima.
    • Melakukan audit, analisa, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian atas perencanaan, implementasi dan laporan dari setiap unit kerja dan sistem internal Unima.
    • Melakukan monitoring dan evaluasi atas hasil-hasil analisa dan temuan audit, pengawasan dan pemeriksaan.
    • Menyampaikan saran perbaikan terhadap kebijakan pimpinan dan perencanaan dan implementasi kegiatan universitas.
    • Menyampaikan hasil audit, analisa, pengawasan dan pemeriksaan termasuk audit kepada Rektor.
    • Melaksanakan tugas khusus dalam lingkup sistem pengendalian internal yang ditugaskan oleh Rektor.
  •  

Tugas Ketua, Sekretaris, Anggota dan Staff Administrasi

  • Tugas Ketua

-    Mengkoordinasikan seluruh pengawasan, bidang non akademik meliputi bidang Keuangan, BMN/Aset, dan Kinerja SDM.

-    Melaporkan hasil pengawasan dan audit ke pimpinan Universitas dan Irjen Kemenristekdikti.

-    Melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan lainnya sesuai perintah Rektor.

-    Mendampingi pengawasan eksternal dalam tugas pengawasan

-    Bersama pimpinan Universitas melakukan pengelolaan kelembagaan khususnya dari aspek pengendalian pengawasan organisasi.

  • Tugas Sekretaris

-    Atas petunjuk Ketua, mengkoordinasikan seluruh pengawasan bidang non akademik meliputi bidang keuangan, BMN/Aset, dan Kinerja SDM.

-    Membuat laporan hasil pengawasan internal kepada pimpinan Universitas dan Irjen Kemenristekdikti.

-    Membuat pengawasan dan pemeriksaan sesuai perintah rektor

-    Membantu ketua dalam mengkoordinasikan semua kegiatan yang berhubungan bidang keuangan, BMN/Aset, dan Kinerja SDM.

-    Mengelola administrasi dengan dibantu pegawai administrasi.

-    Melaksanakan tugas pengawasan lainnya sesuai perintah pimpinan Universitas (Rektor).

  • Tugas Anggota sesuai bidang:

1) Bidang Keuangan

     -    Opname fisik kas pada bendahara penerimaan/pengeluaran, dan bendahara pengeluaran pembantu

     -    Melakukan reviu laporan keuangan triwulan, semester dan tahunan

     -    Mendampingi auditor eksternal dalam pemeriksaan

     -    Melaksanakan pengawasan/reviu SPM/SP2D

     -    Melaksanakan pengawasan lainnya sesuai dengan perintah Rektor

2) Bidang Barang Milik Negara/BMN dan Aset

     -    Opname fisik persediaan barang habis pakai.

     -    Opname fisik Inventaris kekayaan/ BMN.

     -    Opname Realisasi fisik pengadaan barang dan jasa.

     -    Menginventarisir dan menyusun laporan semua BMN/Aset

     -    Melakukan pemeriksaan dan pengawasan Pengadaan Barang dan Jasa.

     -    Melakukan pengawasan dan monitoring pembangunan Gedung/ Sarana dan prasarana.

     -    Melakukan pengawasan dan monitoring pemeliharaan/ perbaikan Sarana dan prasarana.

     -    Mendampingi auditor eksternal dalam pemeriksaan.

     -    Melakukan tugas pengawasan lainnya sesuai perintah Rektor.

3) Kinerja SDM

     -    Melakukan pengawasan Kinerja Pegawai Unima.

     -    Melakukan pengawasan penempatan jabatan di lingkungan Unima.

     -    Berkoordinasi dengan unsur lainnya yaitu Saber Pungli, Binap, Pembantu Rektor II dalam pembinaan pegawai.

     -    Membuat laporan hasil pengawasan kinerja.

     -    Mendampingi auditor eksternal dalam pemeriksaan

     -    Melaksanakan tugas pengawasan lainnya yang diberikan pimpinan Universitas/ Rektor.

  • Tugas Staf Administrasi

      -      Membantu administrasi SPI

      -      Membantu ketua dan sekretaris dalam membuat laporan kegiatan SPI

      -      Membantu semua aktivitas yang berkaitan dengan tugas SPI

      -      Membantu penataan arsip dan ruangan kerja.


WEWENANG

SPI mempunyai kewenangan sebagai berikut:

1) Mewakili rektor dalam sistem pengendalian internal.

  • Melakukan audit, analisa, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian terhadap manajemen unit kerja.
  • Menentukan prosedur dan ruang lingkup pelaksanaan pengawasan.
  • Melakukan penyidikan, penyelidikan dan penelitian atas obyek-obyek audit, analisa, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian.
  • Memperoleh akses tidak terbatas atas seluruh data, informasi dan obyek-obyek audit, analisa, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian termasuk dokumen, pencatatan, sumber daya manusia dan fisik unit kerja di universitas.
  • Melakukan verifikasi, uji validitas dan reliabilitas terhadap data dan informasi yang diperolehnya.
  • Bermitra dengan Senat Universitas dalam pelaksanaan tugas.
  • SPI mempertanggungjawabkan hasil temuan-temuan yang diaudit, dianalisis, diawasi, diperiksa, diuji dan dinilai kepada Rektor.